E-Commerce dan
E-Business
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan
elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran
barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www,
atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis,
dan sistem pengumpulan data otomatis. e-commerce merupakan bagian dari e-business,
di mana cakupan e-business lebih luas.
E-bisnis adalah
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau
pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama
sehingga dapat memberikan keuntungan—dapat berupa berupa keamanan,
fleksibilitas, integrasi, optimasi, efisiensi, atau/dan peningkatan
produktivitas dan profit.
Kelebihan dan kekurangan e-Business
Kelebihan E-business :
1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru
yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi
tradisional.
2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa
pasar).
3. Menurunkan biaya operasional (operating
cost).
4. Melebarkan jangkauan (global reach).
5. Meningkatkan customer loyality.
6. Memperpendek waktu produksi.
7. Meningkatkan value chain (mata rantai
pendapatan)
Kekurangan
E-Businnes
1. Pencurian informasi rahasia yang berharga.
Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada
pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi
si korban.
2. Kehilangan kesempatan bisnis karena
gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran
listrik tiba-tiba padam atau jaringan yang tidak berfungsi.
3. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja
oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang
tidak berhak. Misalkan pembobolan sebuah sistem perbankan oleh hacker, kemudian
memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
5. Kerugian yang
tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja,
ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia
atau kesalahan sistem elektronik.
E-Market Places
E-Market Places adalah suatu bentuk pasar elektronik (virtual market) dimana pembeli dan
penjual bertemu dan dihubungkan melalui suatu transaksi elektronik (online)
yang dapat diakses secara cepat, aman dan dapat dilakukan dari mana saja dan
kapan saja (terbebas dari jam kerja suatu tempat).
Electronic market
place memilik banyak keuntungan, baik dari segi pembeli maupun penjual seperti
yang dijelaskan dibawah ini.
Keuntungan untuk
pembeli:
· Mempermudah pencarian
dan pembandingan produk beserta segala informasi terbaru baik secara
kualitas maupun harga sesuai yang di inginkan dari berbagai supplier yang ada.
· Pembeli
mendapatkan harga yang bersaing karena adanya persaingan harga antar supplier
secara global.
· Mengurangi
biaya pengadaan barang atau purchasing cost
Keuntungan untuk
pejual :
· Elektronic
market places mempermudah pencarian pembeli-pembeli abru.
· Penjualan
dapat dikembangkan ke segala pelosok dunia.
· Dapat
menjadi sarana promosi produk/service 24 jam sehari dan 7 hari seminggu
sehingga mengurangi ongkos promosi.
· Mengurangi
biaya transaksi dan sales.
· Memungkinkan
perusahaan untuk memantau dan menganalisa supply pasar, market demand
(permintaan pasar) dan tren pembeli.
E-Business Model
1. Business-to-business
(B2B) menggambarkan
transaksi perdagangan antar perusahaan, seperti antara produsen dan grosir ,
atau antara grosir dan pengecer dimana grosir membeli barang kepada produsen
untuk dijual lagi kepada pengecer, dan kemudian pengecer tersebut akan menjual
lagi barang tersebut kepada konsumen / customer.
2. Business-to-Customer
(B2C) menggambarkan
kegiatan bisnis antara perusahaan/ produsen/ penjual dengan customer/ pelanggan
yang mana customer membeli barang kepada penjual untuk dipakai sendiri bukan
untuk dijual lagi.
Contoh misalnya
Amazon.com Inc. (www.amazon.com) yang menjual buku, yang mempunyai koleksi
tidak kurang dari 4,5 juta judul buku.
3. Customer-to-Customer
(C2C) Merupakan
sistem komunikasi dan transaksi bisnis antara konsumen yang satu dengan
konsumen yang lain untuk memenuhi suatu kebutuhan tertentu dalam waktu tertentu
seperti halnya lelang barang.
Contoh adalah eBay Inc
(www.ebay.com), suatu perusahaan yang menyelenggarakan lelang melalui internet.
Melalui perusahaan ini, perorangan dapat menjual atau membeli dari perorangan
lain melalui internet.
4. Customer-to-Business
(C2B) Model
e-commerce di mana konsumen (individu) menawarkan produk dan layanan untuk
perusahaan dan perusahaan membayar mereka.
Contoh ialah Priceline
(www.priceline.com), dimana konsumen menawarkan harga tertentu dimana ia menginginkan
membeli berbagai barang dan jasa, termasuk tiket pesawat terbang dan hotel.
E-Marketing
E-Marketing
adalah sisi pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja dari
perusahaanuntuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang
dan jasa melalui internet.
Keuntungan penggunaan
E-marketing
·
Pengurangan biaya melalui
otomatisasi dan penggunaan media elektronik
- Respon yang lebih
cebat baik untuk end user maupun bagi marketer
- Adanya kemampuan
untuk pengukuran dan pemgumpulan data
- Personalisasi
- Memungkinkan adanya
interaksi
Kerugian
penggunaan E-Marketing
- Ketergantungan
pada teknologi
- Isu keamanan
dan privasi
- Adanya biaya
pemeliharaan karena teknologi yang terus berkembang
- Akses
teknologi yang belum merata terutama di Indonesia
- Transparansi
harga sehingga mengakibatkan meningkatnya kompetisi harga
- Kompetisi
global
Perencanaan
tentang E-Marketing
- e-Marketing
berjalan sesuai dengan strategi perusahaan
- kemudian
rencana e-Marketing terdiri dari :
- Analisis
Permintaan
- konektisitas
- interaksi
- sales
by internet
- website
hits
- segment
pelanggan
- Analisis
Pesaing
- pesaing
- product
dan layanan
- performa
pemasaran
- Media
pemasaran
- Strategis
marketing
- Marketing
mix
- Product
- Place
- Price
- Promotion
- Branding
- Brand
Name
- Kreasi
Brand
- Nilai
Brand
- Evaluasi
dari marketing yang sudah dilakukan
0 komentar:
Posting Komentar