Kamis, 20 Oktober 2011

Resume E-Business


E-Commerce dan E-Business
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas.
E-bisnis adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan—dapat berupa berupa keamanan, fleksibilitas, integrasi, optimasi, efisiensi, atau/dan peningkatan produktivitas dan profit.



Kelebihan dan kekurangan e-Business
Kelebihan E-business :
1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
3. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
4. Melebarkan jangkauan (global reach).
5. Meningkatkan customer loyality.
6. Memperpendek waktu produksi.
7. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)
Kekurangan  E-Businnes
1. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
2. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam atau jaringan yang tidak berfungsi.
3. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan pembobolan sebuah sistem perbankan oleh hacker, kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
5. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

E-Market Places
E-Market Places adalah suatu bentuk pasar elektronik (virtual market) dimana pembeli dan penjual bertemu dan dihubungkan melalui suatu transaksi elektronik (online) yang dapat diakses secara cepat, aman dan dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja (terbebas dari jam kerja suatu tempat).
Electronic market place memilik banyak keuntungan, baik dari segi pembeli maupun penjual seperti yang dijelaskan dibawah ini.
Keuntungan untuk pembeli:
      · Mempermudah    pencarian    dan pembandingan produk beserta segala informasi terbaru baik secara kualitas maupun harga sesuai yang di inginkan dari berbagai supplier yang ada.
       ·   Pembeli mendapatkan harga yang bersaing karena adanya persaingan harga antar supplier secara global.
       ·   Mengurangi biaya pengadaan barang atau purchasing cost
Keuntungan untuk pejual : 
       ·   Elektronic market places mempermudah pencarian pembeli-pembeli abru.
       ·   Penjualan dapat dikembangkan ke segala pelosok dunia.
      ·   Dapat menjadi sarana promosi produk/service 24 jam sehari dan 7 hari seminggu sehingga mengurangi ongkos promosi.
       ·   Mengurangi biaya transaksi dan sales.
       ·   Memungkinkan perusahaan untuk memantau dan menganalisa supply pasar, market demand (permintaan pasar) dan tren pembeli.

E-Business Model
1.   Business-to-business (B2B) menggambarkan transaksi perdagangan antar perusahaan, seperti antara produsen dan grosir , atau antara grosir dan pengecer dimana grosir membeli barang kepada produsen untuk dijual lagi kepada pengecer, dan kemudian pengecer tersebut akan menjual lagi barang tersebut kepada konsumen / customer.
2.   Business-to-Customer (B2C) menggambarkan kegiatan bisnis antara perusahaan/ produsen/ penjual dengan customer/ pelanggan yang mana customer membeli barang kepada penjual untuk dipakai sendiri bukan untuk dijual lagi.
     Contoh misalnya Amazon.com Inc. (www.amazon.com) yang menjual buku, yang mempunyai koleksi tidak kurang dari 4,5 juta judul buku.
3.   Customer-to-Customer (C2C) Merupakan sistem komunikasi dan transaksi bisnis antara konsumen yang satu dengan konsumen yang lain untuk memenuhi suatu kebutuhan tertentu dalam waktu tertentu seperti halnya lelang barang.
     Contoh adalah eBay Inc (www.ebay.com), suatu perusahaan yang menyelenggarakan lelang melalui internet. Melalui perusahaan ini, perorangan dapat menjual atau membeli dari perorangan lain melalui internet.
4.  Customer-to-Business (C2B) Model e-commerce di mana konsumen (individu) menawarkan produk dan layanan untuk perusahaan dan perusahaan membayar mereka.
     Contoh ialah Priceline (www.priceline.com), dimana konsumen menawarkan harga tertentu dimana ia menginginkan membeli berbagai barang dan jasa, termasuk tiket pesawat terbang dan hotel.

E-Marketing
E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja dari perusahaanuntuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.
Keuntungan penggunaan E-marketing
·         Pengurangan biaya melalui otomatisasi dan penggunaan media elektronik
  • Respon yang lebih cebat baik untuk end user maupun bagi marketer
  • Adanya kemampuan untuk pengukuran dan pemgumpulan data
  • Personalisasi
  • Memungkinkan adanya interaksi
Kerugian penggunaan E-Marketing
  • Ketergantungan pada teknologi
  • Isu keamanan dan privasi
  • Adanya biaya pemeliharaan karena teknologi yang terus berkembang
  • Akses teknologi yang belum merata terutama di Indonesia
  • Transparansi harga sehingga mengakibatkan meningkatnya kompetisi harga
  • Kompetisi global
Perencanaan tentang E-Marketing

  1. e-Marketing berjalan sesuai dengan strategi perusahaan
  2. kemudian rencana e-Marketing terdiri dari :
    • Analisis Permintaan 
      • konektisitas
      • interaksi
      • sales by internet
      • website hits
      • segment pelanggan
    • Analisis Pesaing
      • pesaing
      • product dan layanan
      • performa pemasaran
      • Media pemasaran
      • Strategis marketing
    • Marketing mix
      • Product
      • Place
      • Price
      • Promotion
    • Branding
      • Brand Name
      • Kreasi Brand
      • Nilai Brand
  3. Evaluasi dari marketing yang sudah dilakukan

0 komentar:

Posting Komentar