Senin, 12 September 2011

Nilai-nilai yang dapat diambil dari film Fast and Furious Five.

 1.      Saat kita akan melakukan suatu pekerjaan harus mempertimbangkan banyak aspek.

Dalam film ini terdapat adegan dimana Connor dan Mia beserta dua temannya menyelamatkan kakaknya yang sedang berada di dalam bus narapidana setelah mendengar bahwa tidak ada kesempatan bebas untuk kakaknya. Untuk membebaskan Doom, Mia menjalankan strategi yaitu dengan menyalip bus lalu sengaja melawan arus menuju bus  agar bus oleng dari keseimbangan menyetirnya. Saat itulah O’Connor  sengaja menabrak sisi kiri bus dan terlemparlah bus itu. Akhirnya Doom dapat terbebas.

      2.  Dalam kehidupan kita harus slalu siap-siap dengan segala perubahan baik secara perlahan maupun instan(langsung).
Waktu melakukan suatu pencurian mobil di kereta api, mia dan pasangan secara cepat merubah rencana setelah dikasih tau oleh Dom. Maka mia dan pasangan harus bersiap-siap untuk perubahan itu.

3    3.  Dalam keadaan seburuk mungkin sebaiknya kita tetap tenang, dan menacri solusi untuk memecahkan masalah itu.
Saat Dom dan O’Conner disandera oleh para suruhan Reyes, mereka berdua tenang dan merencanakan penyelamatan diri. Ketika Reyes dan pasukannya meninggalkan mereka berdua dan hanya 2 orang yang menjaga di dalam, merka mulai melakukan rencana penyelematan diri dari penyendaraan itu.


      4.  Dalam menghadapi suatu masalah atau musuh kita harus mengenalnya secara mendetail agar apa yang kita rencanakan akan berjalan dengan baik.
Agen Hobbs memerintah kepada pasukannya agar tidak membiarkan para buronan untuk masuk ke dalam mobil, ini karena buronan terlatih dan berbahaya bila sampai masuk dan mengendarai mobil. Hal ini dapat membuat mereka kabur dengan cepat.
      5.  Kita harus membuat orang itu bahagia, setelah itu dia akan menjadi milik kita.
Reyes menguasai daerah di Rio karena dia membuat warga di Rio bahagia, sehingga warga Rio tunduk kepadanya. Ini sesuai degan teori metode penjajahan yang dilakukan oleh portugis kepada jajahannya. Dan ini sangat sukses, membuat Reyes disegani di daerah itu.

      6.  Dalam keadaan apapun jangan mudah percaya kepada orang terdekat kita.
Saat vince berusaha mengambil chip yang ada di dalam mobil curian itu, maka Dom dapat menghentikannya. Padahal Vince adalah sahabat terdekat Dom dan Mia.
Waktu brangkas telah didapat, Hobbs menyuruh tim Dom untuk melarikan diri tanpa brangkas tersebut. Tim Dom pun pergi, tapi mereka telah menukar brangkas Reyes dengan brangkas yang telah dibeli oleh Han. Sehingga Hobbs tertipu oleh tim dari Dom.

     7.  Dalam menjalani suatu pekerjaan, sebaiknya mencari orang yang tepat dan tidak mudah dibeli dengan uang.
Agen Hobbs mencari orang yang memiliki motivasi tinggi dalam bekerja, tidak mau akan suap, dan mengetahui seluk beluk tempat yang menjadi area pekerjaan. Dan orang itu adalah Polisi Neves.

    8.  Suatu pekerjaan itu harus berjalan dengan maksimal,bila perlu kita setelah membongkar suatu objek maka kita harus merakitnya kembali agar mendapatkan hal yang kita inginkan.
Agen Hobbs membongkar mobil curian Mia tadi untuk mencari informasi,setelah didapat informasi bahwa pemilik mobil ini adalah reyes, maka mobil ini dirakit lagi dari awal agr mobil ini memberikan informasi selanjutnya.

      9.  Sepandai-pandai kita melarikan diri dari suatu masalah, melakukan pekerjaan yang beresiko ada saatnya kita berhenti untuk selamanya.
Dom merenacanakan suatu pekerjaan dengan menggunakan chip yang mereka dapatkan dari  mobil curian tadi. Suatu pekerjaan itu berbahaya, dan ia akan melakukan untuk terakhir kalinya untuk masa depan Mia dan anak dalam kandungannya.

 10.   Dalam mencari rekan dalam tim sebaiknya mencari orang yang sesuai dengan tujuan yang dicapai dan mempermudah kita menyelesaikannya.
Saat Dom menbentuk tim, maka Dom, O’ Conner, dan Mia mencari para sahabatnya yang sesuai dengan pekerjaan di dalam usaha pencurian brankas milik Reyes.
Dalam perekrutan anggota itu dibutuhkan orang-orang berkompeten dalam menjalankan misi atau tugas. Doom membutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan sebagai berikut :
·         Orang yang bisa menyamar atau dapat membaur di manapun
·         Orang yang pintar bicara apa saja
·         Orang mengeri tentang perakitan dan bisa menjebol keamanan
·         Orang yang bisa menempati semua posisi
·         Orang yang dapat menggunakan perlengkapan dan persenjataan
·         Dua orang pengemudi yang handal dan tahan banting

  11. Untuk memperoleh keuntungan yang besar, maka kita harus mengumpulkan keuntungan yang kecil-kecil menjadi satu kesatuan.
Tim Dom membakar uang yang ada di salah satu rumah uang Reyes, dan mengatakan akan dating kembali untuk mengambilnya. Ini direncanakan agar semua uang yang tersebar di masing-masing rumah uang Reyes segera dijadikan satu oleh Reyes di suatu tempat. Sehingga tim Dom dapat dengan mudah mengambil semua uang tersebut.

  12. Untuk memperoleh apa yang kita inginkan, harus menyiapkan segala hal yang diperlukan untuk menjalankan pekerjaan itu.
Agen Hobbs membawa banyak alat pelacak yang teknologinya sangat bagus untuk melacak keberadaan dari tim Dom. Pada saat perjalanan Dom membakar uang reyes, kamera CCTV di Rio merekam mobil Dom, dimana Dom memakai penutup kepala bersama temannya. Dengan menggunakan ateknologi FRS yang dapat melihatkan wajah dari Dom yang tertutup oleh penutup itu.

  13. Dalam melakukan suatu perencanaan, kegiatan, dan pekerjaan harus selalu percaya diri agar berjalan dengan baik dan lancar.
Roman menyamar sebagai agen rahasia FBI yang menitipkan barang bukti ke kantor polisi Rio, yng dimana disana terdapat brangkas milik reyes. Dalam melakukan hal itu roman memiliki rasa percaya diri atas mulutnya yang banyak omong, sehingga ia dapat menitipkan barang yang berisi alat pelacak  ke penjaga, penjaga itu memasukkan ke ruang yang sama dengan keberadaan brangkas itu.
Rekan Dom yang memiliki kemampuan menjebol dinding memberikan bom ke saluran toilet, sehingga toilet di kantor polisi rusak. Dan mereka menyamar sebagai 2 orang pegawai perbaikan toilet. Akhirnya mereka membongkar tembok di kamar mandi dengan tujuan menempelkan alat pemindai kantor polisi melalui CCTV yang ada di sana. Dengan itu, Tim Dom dengan mudah merencanakan pembobolan bank tersebut.
Han dengan pasangannya menyamar menjadi wisatawan di daerah pantai yang dimana disan terdapat Reyes, penyamaran Han ini bertujuan untuk mendapatkan bekas telapak tangan Reyes agar dapat dengan mudah membuka brangkas Reyes.

 14.   Dalam perencanaan perjalanan suatu pekerjaan tidak bisa diingkari bahwa sering terjadi masalah atau hal yang tidak diinginkan. Maka kita perlu meminimalisir kesalahan tersebut agar hasil yang kita capai sesuai dengan keinginan tim.
            Tim Dom mempelajari jalur masuknya mobil di daerah kantor polisi Rio untuk merencanakan bagaimana cara menembus CCTV kantor polisi tersebut. Akhirnya Dom dan O’ Conner mencari mobil yang cepat untuk rencana itu. Dimana mereka berdua keahliaannya dalam mengemudi mobil.
            Tim Dom mengetahui bahwa Agen Hobbs mengikuti mereka,jadi mereka merencanakan memasang alat pemindai di kenderaan Hobbs agar mengetahui setiap gerak-gerik Hobbs.
            Dengan mempelajari jalur dengan CCTnya, tim Dom merasa tidak aman sehingga mereka mengubah rencana dengan mengambil 4 mobil polisi sehingga bebas masuk ke kantor polisi.
            Agen Hobbs mengkelabui Tim Dom dengan memasang pelacak yang dipasang di mobil Hobbs ke daerah tertentu, padahal Hobbs mengrebek markas tim Dom.

     15.  Pengorbanan kecil harus dlakukan agar tercapai apa yang telah direncanakan tim.
            Han mendapatkan brangkas yang menyerupai brangkas Reyes supaya tujuan dari perencanaan Tim Dom dapat berjalan baik.

    16.   Suatu pekerjaan yang telah direncanakan dengan maksimal, dan pada saat pelaksanaannya mengalami masalah yang berat, pada situasi ini kita tetap harus berjuang dengan cara lain sesuai tujuan kita. Tidak ada kata menyerah dalam perjuangan tujuan tim dan tujuan lainnya.
            Dom tidak menyerah dalam menghadapi masalah dimana kubu Reyes memperbanyak pasukan di kantor polisi untuk menjaga brangkas uang Reyes. Padahal semua rencana yang dibuat telah brantakan. Namun saat agen Hobbs bergabung dengan tim Dom dengan tujuan membalas kematian pasukannya yang diakibatkan oleh kubu Reyes, maka semua tim Dom tetap menjalankan misi dengan perubahan rencana yang instan(mendadak).

17.   Dalam suatu pekerjaan, janganlah pernah meninggalkan rekan kamu dalam kesusuhana atau masalah.
            Saat Dom berhasil mengalahkan semua pasukan Reyes kecuali 1 anak buah kepercayaan reyes yang masih hidup, dari belakang dia ditembaki oleh O’ Conner padahal O’Conner tadi disuruh pergi oleh Dom. O’ Conner mau saudara  Mia itu tetap hidup dan bahagia.

* Kesimpulan yang bisa diambil adalah :





Nilai yang dapat diambil dalam film aksi Fast and Furious Five adalah sebuah perencanaan yang matang dalam sebuah perencanaan perampokan dengan mengumpulkan semua orang-orang yang ahli dalam bidang masing-masing untuk di ajak bekerja sama dalam sebuah perampokan yang akan dilakukan.
Dalam membuat suatu rencana, hal yang tidak di inginkan sering akan muncul saat waktu tiba. Dan kita dalam merencanakan sesuatu harus memiliki rencana cadangan.tetapi apabila masih gagal. Maka kita harus siap dengan keadaan yang akan terjadi yang tidak berjalan sesuai dengan apa yang di rencanakan. Dengan keadaan seperti itu kita harus cepat dalam mengambil keputusan. Apakah rencana yang hampir berjalan  selesai harus di lanjutkan atau di batalkan? Pengambilan keputusan yang sangat mendadak memamng penting untuk di lakukan saat semua tidak berjalan sesuai rencana. Tetapi jangan asal ambil keputusan, harus disertai dengan perhitungan resiko yang akan di hadapi. Sehingga perencanaan dan keputusan yang di ambil dapat dipertanggungjawabkan.



0 komentar:

Posting Komentar